5 Fungsi Kepemimpinan: Mengilhami, Mempersatukan, Menggerakkan, Memberi Feedback, Meningkatkan

Ditengah-tengah perkuliahan kita disuruh presentasi mendefinisikan 5 fungsi kepemimpinan, yaitu Mengilhami, Mempersatukan, Menggerakkan, Memberi Feedback, dan Meningkatkan. Apa saja definisi dari masing-masing 5 fungsi kepemimpinan tersebut, dijelaskan sebagai berikut.

Definisi kepemimpinan dapat diartikan sebagai proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi aktivitas kelompok dalam rangka perumusan dan pencapaian tujuan. Kepemimpinan berasal dari kata pemimpin.

Pemimpin adalah suatu peran atau ketua dalam sistem di suatu organisasi atua kelompok. Sedangkan kepemiminan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memengaruhi orang-orang untuk bekerja mencapai tujuan dan sasaran.

5 Fungsi kepemimpinan :

  • Mengilhami

Pemimpin harus bisa mengembangkan kepemimpinan yang efektif yaitu gaya kepemimpinan yang dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi dan kebutuhan bawahan yang dipimpinnya. Pemimpin yang hebat tumbuh bukan karena menegakkan peraturan yang keras melainkan menebarkan pikiran dan semangat yang mengilhami pengikutnya.

Mengilhami  atau memotivasi para pengikut atau orang lain atau anggota organisasi untuk melihat pilihan-pilihan alternatif, memberi semangat kepada anggota agar berusaha melaksanakan rencana yang telah ditetapkan dengan baik sehingga tujuan yang diinginkan bisa tercapai.

  • Mempersatukan

Di antara tugas pemimpin adalah mempersatukan mereka yang sedang dipimpinnya. Persatuan itu sedemikian penting, bahkan menjadi syarat keberhasilan sebuah organisasi. Tanpa persatuan tidak akan mungkin tujuan bersama bisa diraih. Persatuan selalu menjadi kunci dari semua usaha yang dilakukan dengan melibatkan banyak orang.

Tanpa bersatu maka kekuatan tidak akan terbangun, dan selanjutnya tanpa kekuatan tujuan bersama tidak akan bisa diraih. Tugas mempersatukan orang tidak mudah. Setiap orang ingin mendapatkan kemenangan, dirinya lebih dihargai, kepentingannya tercapai, beruntung, dan seterusnya.

Untuk mempersatukan banyak orang, tidak cukup dilakukan hanya dengan berpidato. Orang-orang yang sedang tidak bersatu bukan berarti mereka tidak tahu tentang betapa pentingnya persatuan. Mereka sangat mengerti tentang itu semua. Mereka juga bisa mengibaratkan, persatuan sama dengan seikat sapu lidi. Manakala banyak lidi diikat kuat, maka bisa digunakan untuk menyapu. Sebaliknya, lidi tidak akan bisa digunakan bila sedang bercerai berai.

Oleh karena itu, tugas pemimpin dalam menyatukan orang adalah merumuskan visi ke depan yang jelas. Selain itu, sebagai bagian dari visinya itu, pemimpin harus pandai memproduk isu-isu besar yang berfunsi untuk menggerakkan dan sekaligus memberi arah bagi semua orang yang dipimpinnya.

  • Menggerakkan

Dalam fungsi ini pemimpin menjalankan serta mengaktifkan orang-orang yang dipimpinnya, baik dalam keikutsertaan mengambil keputusan maupun dalam melaksanakannya. Setiap anggota kelompoknya memperoleh kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan yang dijabarkan dari tugas-tugas pokok, sesuai dengan posisi atau jabatan masing-masing. Pemimpin juga tidak hanya ikut dalam proses pembuatan keputusan dalam fungsi ini pemimpin ikut serta dalam proses pelaksanaannya.

Fungsi ini bukan berarti pemimpin memberikan kebebasan semaunya, tetapi dilakukan secara terkendali dan terarah berupa kerja sama dengan tidak mencampuri atau mengambil tugas pokok orang lain.

Untuk dapat menggerakkan beberapa orang pelaksana, seorang pemimpin harus memiliki kelebihan dibandingkan orang yang dipimpinnya misalnya kelebihan dalam menggunakan pikirannya,  rohaniah, dan badaniah. Agar dapat menggunakan kelebihanya tersebut, seorang pemimpin suatu organisasi difasilitasi dengan apa yang disebut dengan tugas dan wewenang.

Tugas adalah kewajiban untuk melaksanakan dan wewenang adalah hak untuk bertindak.. Wewenang seorang pemimpin adalah hak untuk menggerakkan orang atau bawahannya supaya suka mengikutinya atau menjalankan tugas yang diperintah kepadanya. Kepengikutan timbul karena pemimpin mempunyai abhiga mika yaitu dapat menarik simpati dari orang lain, pradaya yaitu selalu bertindak bijaksana, atma sampat yaitu bermoral dan berbudi pekerti yang luhur, Sakyasanmata, yaitu selalu bertindak teliti dan cermat.

  • Memberi Feedback

Dalam prakteknya, pemimpin efektif juga melakukan komunikasi informal dengan bawahannya apakah lewat pertemuan kekeluargaan, makan bersama, ataukah pembicaraan individual. Manajer dengan mudahnya melakukan tukar menukar pemikiran dengan para bawahan. Dengan cara ini umpan balik yang tadinya tersembunyi pada karyawan dapat digali tanpa suasana yang kaku. Bagi Seorang pemimpin tim merupakan sebuah kewajiban memberikan umpan balik atau masukan positif kepada anggota tim, sehingga mereka akan bekerja dan berkarya mengacu pada visi misi organisasi.

  • Meningkatkan

Salah satu kunci sukses bagi keberhasilan seluruh organisasi yaitu terlaksananya tugas pemimpin dalam meningkatkan kinerja pegawai. Dalam meningkatkan kenerja atau motivasi kinerja pegawai pemimpinlah menentukan dalam mengarahkan sikap dan perilaku pribadi anggotanya untuk dapat bersikap dan berperilaku sesuai dengan aturan yang ditentukan dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi.

Tidak diragukan lagi, lingkungan kerja dengan motivasi yang tinggi adalah yang produktif. Seorang pemimpin harus bisa memotivasi anak buahnya. Memberikan tantangan baru dalam pekerjaan yang memberinya kesempatan untuk berkembang dan menunjukkan kemampuan terbaiknya adalah cara yang cerdas untuk memotivasi mereka agar lebih kompetitif.

Memberikan reward atau insentif seperti bonus, hadiah, atau promosi bagi anak buah dengan kinerja terbaik bisa jadi salah satu cara untuk mendorong motivasi mereka. Satu hal penting dalam memotivasi bawahan adalah memimpin melalui contoh. Bagaimana seorang pemimpin bekerja, membawa diri, dan memimpin anak buahanya akan membawa pengaruh yang besar bagi orang-orang yang bekerja dengan anda.

Leave a comment